Diversitas Teologi Kristen Dalam Pendidikan Kristen
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
The diversity of Christian theology in Christian education is an essential and inseparable element in creating individuals who possess competence in verified knowledge through attitudes, actions, and behaviors; integrity; loyalty; and in cognitive, affectie, and motoric aspects that can be accelerated with the principles of truth enshrined in the Bible. Grounded in the truth written in the Bible, which places God as the sole center of all diversities, everything related to the development of knowledge and education must be realigned with His desired principles and values as creative individuals in all aspects throughout the history of human life. Theological diversity in Christian education determines the quality and quantity of Christian education in all areas, therefore it needs to be harmoniously integrated with Christian principles and values that can have a significant impact on national and societal life. The diversity of Christian theology in Christian education is crucial as a foundational basis in determining the capacity, quantity, and quality of integrated learners in all respects.
Tujuan artikel ini adalah untuk memaparkan dan menguraikan tentang pentingnya diversitas teologi dalam Pendidikan Kristen. Metode yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah metode kualitatif deskriptif normative dengan pendekatakan literature. Pengamatan terhadap data dan berbagai dalil yang akurat terhadap berbagai referensi literatur yang kompatibel menghindarkan pembaca dari berbagai subyektifitas penyimpangan yang menyesatkan dalam memberikan edukasi tentang pentingnya pemahaman terhadap diversitas teologi Kristen dalam pendidikan Kristen yang dianugerahkan Tuhan sebagai Pencetus berbagai ide kreatif dalam sepanjang sejarah peradaban kehidupan manusia. Diversitas Teologi Kristen dalam Pendidikan Kristen adalah hal yang esensial dan tidak terpisahkan dalam menciptakan pribadi-pribadi yang memiliki kompetensi dalam ilmu yang terverifikasi melalui sikap, tindakan dan perilaku; integritas; loyalitas dan dalam aspek kognitif, afeksi dan motoric yang dapat diakselarasi dengan prinsip-prinsip kebenaran yang termaktub dalam Alkitab. Berpijak dari kebenaran yang tertulis dalam Alkitab, yang menempatkan Allah sebagai satu-satunya pusat dari segala diversitas, maka segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan harus kembali diselaraskan dengan prinsip dan nilai-nilai yang dikehendaki-Nya sebagai pribadi yang kreatif dalam segala hal, dalam sepanjang sejarah kehidupan manusia. DiversitasTeologi dalam Pendidikan Kristen menentukan kualitas dan kuantitas pendidikan Kristen dalam segala lini, karena itu perlu di integralkan secara serasi dengan prinsip dan nilai-nilai kristiani yang dapat memberikan dampak secara signifikan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Diversitas Teologi Kristen dalam pendidikan Kristen sangat diperlukan sebagai dasar pijakan dalam menentukan kapasitas, kuantitas dan kualitas dari peserta didik yang terintegrasi secara serasi dalam segala hal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Aritonang, Jan S. Teologi-Teologi Kontemporer. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
- Bloesch, Donald G. The Holy Spirit. Works & Gifts. Downers Grove: Inter Varsaty Press, 2000.
- Boast, William M. and Martin, Benjamin. Master of Change. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.
- Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen “Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
- Brown, Francis, Driver, S.R., and Briggs, Charles A. The Brown-Driver-Briggs Hebrew And English Lexicon. USA: Hendrickson Publishers, 1996.
- Calaprice, Alice. Einstein Juga Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.
- Cambridge Advanced Learner, “Qualitative.” Cambridge Advanced Learner's Dictionary, Cambridge: Cambridge Publishing, 2008.
- Cho, Paul Yonggi. Mengapa Saya Menderita? Jakarta: Immanuel, 1991.
- Gnanakan, Ken. Still Learning. Masih Belajar, Sebuah Pengalaman Pribadi. Jakarta: Majesty Publishing, 2017.
- Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat 1. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
- _______________. Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
- Little, Paul E. Akal Dan Kekristenan. Bandung: Kalam Hidup, 1999.
- Noebel, David A. Perjuangan Untuk Kebenaran “Mempertahankan Kerangka Berpikir Kristen Di Dalam Pasar Ide-Ide.” Jakarta: YWAM, 2017.
- Nuhamara, Daniel, Non-Serrano, J.B., Hutabarat, Oditha.R., Sirait, Jerry R., and Panggabean, Y. Materi Instruksional Matakuliah Pengembangan Kepribadian Untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum Pendidikan Agama Kristen. ed. Jason Lase. Jakarta: Bina Media Informasi, 2005.
- Osteen, Joel. Your Best Life Now “7 Langkah Menuju Kehidupan Yang Penuh Potensi.” Jakarta: Immanuel, 2016.
- Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili.” Bandung: STT Bandung, 2016.
- Pfeiffer, Charles F. and Harrison, Everett F. Tafsiran Alkitab Wycliffe, Vol. 1 Perjanjian Lama: Kejadian-Ester.” Malang: Gandum Mas, 2014.
- Schwartz, David J. Berpikir Dan Berjiwa Besar “The Magic Of Thingking Big.” Batam: Binarupa Aksara, 2017.
- Stott, Jhon. Berpikir Dan Beriman. Jakarta: Perkantas, 2014.
- Sumakul, H.W.B. Postmodernitas “Memaknai Masyarakat Plural Abad Ke 21.” Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
- Toenlioe, Anselmus J.E. Pengelolaan Kelas “Pendekatan, Teknik, Dan Panduan. Malang: Ahlimedia Press, 2022.
- ________________, Jejak Artikel “Opini Pendidikan Terpilih.” Malang: Ahlimedia Press, 2021.
- ________________, Pendekatan Penelitian Kualitatiff Bidang Pendidikan “ Landasan, Teori dan Panduan.” Malang: Ahlimedia Press, 2021.
- _______________, Teori dan Filsafat Pendidikan (Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2014).
- Toenlioe, Anselmus J.E. & Kristiyana, Psikologi Pembelajaran “Aliran, Teori, Dan Panduan.” Malang: Ahlimedia Press, 2023.
- Wahono, S. Wismoady. Disini Kutemukan Petunjuk Mempelajari Dan Mengajarkan Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
- Wells, David F. No Place for Truth. Tiada Tempat Bagi Kebenaran. Surabaya: Momentum, 2014.










