PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Memperbaharui Pikiran untuk Meningkatkan Spiritualitas di Roma 12:2

Main Article Content

Okta Rangga
Dyulius Thomas Bilo
Dewi Yuliana

Abstract

Information technology in various aspects of life has become inevitable in this digital era. In education, information technology has brought significant changes in learning methods and approaches. The development of information technology provides a great opportunity to renew minds and increase students' spirituality through the principles taught in the Bible, especially in Romans 12:2. This journal research was carried out using the literature study method, where the author analyzed data obtained from the latest books and journals that are relevant to this research topic. The use of digital platforms in the era of disruption has brought many innovative technologies that improve the educational process in schools. efficient. Christian Religious Learning Application: Use of mobile or web applications dedicated to Christian religious learning. This app can provide interactive learning materials, Bible verses, prayers, and other resources that facilitate understanding of the Christian religion. In the educational context, success in facing the challenges and competition in modern life is very dependent on the existence of education which can form individuals who have a holistic understanding of Science and Technology. Students who use information technology feel more motivated, their perspectives are open and they are enthusiastic about learning. Therefore, it is recommended for teachers and schools to utilize information technology in the learning process.


 


Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan telah menjadi hal yang tak terelakkan di era digital ini. Di bidang pendidikan, teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam metode dan pendekatan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang besar untuk memperbaharui pikiran dan meningkatkan spiritualitas siswa sesuai dengan prinsip yang diajarkan dalam Alkitab, khususnya dalam Roma 12:2. Penelitian jurnal ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan, di mana penulis menganalisis data yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru yang relevan dengan topik penelitian ini.Pemanfaatan platform digital pada zaman disrupsi membawa sejumlah teknologi inovatif yang memungkinkan proses pendidikan di sekolah menjadi lebih efisien.Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen: Penggunaan aplikasi mobile atau web yang didedikasikan untuk pembelajaran agama Kristen. Aplikasi ini dapat menyediakan materi pembelajaran interaktif, ayat-ayat Alkitab, doa-doa, dan sumber daya lainnya yang memfasilitasi pemahaman agama Kristen. Di dalam konteks pendidikan, keberhasilan dalam menghadapi tantangan dan persaingan dalam kehidupan modern sangat bergantung pada eksistensi pendidikan yang mampu membentuk individu yang memiliki pemahaman yang holistik terhadap Sains dan Teknologi.Siswa yang menggunakan teknologi informasi merasa lebih termotivasi, perspektif terbuka mereka dan bersemangat untuk belajar. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan sekolah untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Rangga, O., Bilo, D. T. ., & Yuliana, D. . (2024). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: Memperbaharui Pikiran untuk Meningkatkan Spiritualitas di Roma 12:2. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(2), 127–140. https://doi.org/10.55076/didache.v5i2.164
Section
Articles

References

Ambarita, Janri, and Ester Yuniati. PAK Dan COVID-19 Problematika Pembelajaran PAK Daerah Tertinggal. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.85.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Creswell, J. D., & Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE: Publications, 2017.

Darti, Dyoys Anneka Rantung, Lambot Naiboho, and Noh Ibrahim. “Pembelajaran Transformatif Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Digital.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.519.

Eims, L. Pemuridan Seni Yang Hilang. Bandung: Lembaga Literatur Babtis, 2000.

Gule, Yosefo. “Analisis Peran Pemuda Kristen Dan Katolik Dalam Membangun Spiritualitas Di Era Digital.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 22, no. 2 (2022): 175–84. https://doi.org/10.34150/jpak.v22i2.414.

Gulo, Yoseti, and Widjaja Sugiri. “Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pelayanan Remaja Dalam Konteks Gereja Di Indonesia (The Influence Of Christian Religion Education Toward Teenagers Services In The Context Of Churches In Indonesia)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no. 2 (2020): 86-101. https://jurnal.widyaagape.ac.id/index.php/quaerens/article/view/22.

Yoan Jessica Hermawan, Sutrisno, Amos Neolaka, and Bobby Kurnia Putrawan. "Application Of Digital Media In Christian Religion Education Learning In The New Normal Era Post Pandemi Covid-19." MAHABBAH: Journal of Religion and Education 4, no.1 (2023): 33-53

Juditha, Christiany. “Interaksi Komunikasi Hoax Di Media Sosial Serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation.” Journal Pekommas 3, no. 1 (2018): 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104.

Lengkong, Samuel, and Yonggi Sampelan. “Pembaharuan Budi Dalam Perspektif Roma 12:2: Upaya Menghadapi Tantangan Di Era Digital.” EUANGGELION: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2023): 39–49. https://doi.org/10.61390/euanggelion.v4i1.46.

Leobisa, Maria Junita Mustanu Jonatan, Hendrik A. E. Lao, and Timoteus Ajito. “Peran Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Animasi Dalam Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMK Teknik Anugerah SOE Kelas X TKJ 1 Tahun Ajaran 2022.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.

Mali, Santi. “Pengembangan Multimedia Terhadap Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19.” Inculco Journal of Christian Education 1, no. 2 (2021): 95–106. https://doi.org/10.59404/ijce.v1i2.20.

Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–24. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619.

Rondo, Morihito, and Pricylia Elviera Rondo. “Etika Kristen Dalam Pengelolaan Media Sosial Berbasis Information and Technology Di Kalangan Remaja.” Tumou Tou 10, no. 1 (2023): 88–96. https://doi.org/10.51667/tt.v10i1.1208.

Tafano, Talizaro, and Sion Saputra. “Teknologi Dan Covid: Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi.” Djtechno Jurnal Teknologi Informasi 2, no. 1 (2021): 45–53. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256.

Tafonao, Talizaro, and Prasetyo Yuliyanto. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Memerangi Berita Hoaks Di Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.30.

Tanasyah, Yusak, Bobby Kurnia Putrawan, Sutrisno Sutrisno, and Iswahyudi Iswahyudi. “Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2021): 281–303. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.226.

Tanasyah, Yusak, And Lasmaria Nami Simanungkalit. “Perumpamaan Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Proses Belajar Mengajar Pendidikan Kristen (Parables As An Effective Learning Model For The Process Of Learning In Christian Education)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no. 1 (June 27, 2020): 30-43. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i1.18.

Tekege, Martinus. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire.” Jurnal Teknologi Dan Rekayasa 2, no. 1 (2017): 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38.

Turmuzi, Muhammad, and Nurul Hikmah. “Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05, no. 02 (2021): 1512–23. https://media.neliti.com/media/publications/462820-none-92a09cfb.pdf.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta, 2008.