Menemukan Penyebab dan Menganalisis Solusi Perundungan di Sekolah dengan Teori Mimetik René Girard
Main Article Content
Abstract
The phenomenon of bullying in schools is very concerning. Various efforts were made to reduce or even eliminate, but have not achieved satisfactory results. Various policies, regulations, research results related to bullying have not had a significant impact. Through analysis with Rene Girard's theory, he can contribute ideas to unravel the complexities associated with bullying in schools. Analysis of bullying with Rene Girard's mimetic theory; aims to find the root of the problem as well as find solutions to the phenomenon of bullying. Bullying is the result of the process of imitation / mimetics both through interaction in social reality and through cyberspace / internet on social media. The social environment and social media have a big impact on a person's mimetic pattern. Bullies are shaped by mimetic processes in interactions and experiences in family, school, social environment and social media. So the solution to reduce or even eliminate bullying through conducive social experiences and interactions so that children get positive, innovative and constructive mimetic models, both in families, schools, social environments and from social media.
Fenomena perundungan di sekolah sangatlah memprihatinkan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi bahkan meniadakan, namum belum mencapai hasil yang memuaskan. Berbagai kebijakan, peraturan, hasil penelitian yang berhubungan dengan perundungan belum memberi dampak yang signifikan. Melalui analisis dengan teori mimetic Rene Girard dapat memberi sumbangan pemikiran untuk mengurai keruwetan yang berhubungan dengan perundungan di sekolah. Analisis perundungan dengan teori mimetik Rene Girard; bertujuan untuk menemukan akar masalah sekaligus menemukan solusi terhadap fenomena perundungan. Perundungan merupakan hasil dari proses meniru/mimetik baik melalui interaksi dalam realitas social maupun melalui dunia maya/internet yang ada di media social. Lingkungan social dan media social memberi dampak yang besar terhadap pola mimetik seseorang. Pelaku perundungan dibentuk oleh proses mimetik dalam interaksi dan pengalaman di keluarga, sekolah, lingkungan sosial maupun media social. Maka solusi untuk mengurangi bahkan meniadakan perundungan melalui pengalaman dan interaksi social yang kondusif sehingga anak-anak memperoleh model mimetik yang positif, inovatif dan konstruktif, baik di keluarga, sekolah, lingkungan social maupun dari media social.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardhana, Nicolaus Yudi. "Telaah Atas Fenomena Mimetika Kekerasan Di Ruang Maya Dalam Terang Pemikiran Rene Girard." Melintas 36, no. 2 (2020): 190–211.
Berger, Peter L. Langit Suci. 1st ed. Jakarta: LP3ES, 1991.
Chairunnisa, Ninis. "Kemendikbud Tangani 127 Kasus Kekerasan Di Sekolah, Terbanyak Perundungan." Tempo.Co, 2023. https://tekno.tempo.co/read/1793884/kemendikbud-tangani-127-kasus-kekerasan-di-sekolah-terbanyak-perundungan. Diakses 1 Maret 2024.
Damanik, Dasma Alfriani. "Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosisologi Pendidikan." Sosiologi Nusantara 5, no. 1 (2019): 77–90. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.77-90.
Fachruddin, Fuad. "Book Review Kekerasan Simbolik Di Sekolah." SUKMA: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2018): 311–27. https://doi.org/10.32533/02208.2018.
Fadhilah, Awaliya Nur, and Munjin. "Kekerasan Dalam Pendidikan Di Sekolah: Bentuk, Sebab, Dampak, Dan Solusi." Jurnal Kependidikan 10, no. 2 (2022): 325–44. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8209.
Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. 5th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.
Filnaldi, Zulkarnaen. "Kasus Perundungan Remaja Putri Di Sumedang, Diduga Pemicunya Adalah Persoalan Laki-Laki." Kabar Tasikmalaya.Com, 2024. https://kabartasikmalaya.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-3258318226/kasus-perundungan-remaja-putri-di-sumedang-diduga-pemicunya-adalah-persoalan-laki-laki. Diakses 3 Maret 2025.
Fitrian, Aris Muhamad. "Kasus Perundungan Siswa MTs Di Tasikmalaya Terinspirasi Aksi Geng Di Media Sosial." Kabar Tasikmalaya.Com, 2024. https://kabartasikmalaya.pikiran-rakyat.com/kabar-tasikmalaya/pr-3258644607/kasus-perundungan-siswa-mts-di-tasikmalaya-terinspirasi-aksi-geng-di-media-sosial. Diakses 3 Maret 2025.
Habibi, Muhammad Irfan. "Kementerian PPPA Respons Kasus Perundungan Di Pondok Pesantren Kediri Yang Mengakibatkan Santri Meninggal." Jawa Pos, 2024. https://www.msn.com/id-id/berita/other/kementerian-pppa-respons-kasus-perundungan-di-pondok-pesantren-kediri-yang-mengakibatkan-santri-meninggal/ar-BB1j1k8L. Diakses 12 Maret 2024.
Huda, Nurul, and Siti Murtiningsih. "Ontologi Kekerasan Dan Relasinya Dengan Agama Dalam Perspektif Hasrat Mimesis Rene Girard." AT Turas: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (2020): 113–37. https://doi.org/10.33650/at-turas.v7i1.939.
KPAI. "Pengawasan KPAI Terhadap Kasus Kekerasan Fisik Dan/Atau Psikis Anak Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Serpong, Kota Tangerang Selatan." KPAI, 2024. https://www.kpai.go.id/publikasi/pengawasan-kpai-terhadap-kasus-kekerasan-fisik-dan-atau-psikis-anak-di-salah-satu-sekolah-swasta-di-serpong-kota-tangerang-selatan. Diakses 1 Maret 2024.
KPAI, Tim. "Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak Di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI."
KPAI, 2020. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai. Diakses 1 Maret 2024.
Noer, Khaerul Umam, Abdulaziz Hanafi, et al. "Sekolah Ramah Anak, Disiplin, Dan Budaya Kekerasan Di Sekolah Di Indonesia." KAFAA’AH Journal 11, no. 1 (2021): 56–70. http://kafaah.org/index.php/kafaah/index.
Rusmarhadi, Indah. "Maraknya Perundungan Di Sekolah, Apa Faktor Penyebabnya." Kompasiana, 2024. https://www.kompasiana.com/indah1706/65f51f72c57afb7d5442aaa3/maraknya-perundungan-di-sekolah-apa-faktor-penyebabnya. Diakses 22 Maret 2024.
Sa’diyah, Halimatus. "Kekerasan Dalam Pendidikan; Sejarah, Perkembangan Dan Solusi." El-Banat 11, no. 1 (2021): 70–86. https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86.
Saraswati, Rika, and Venatius Hadiyono. "Pencegahan Perundungan/Bullying Di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum Dan Perubahan Perilaku." Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan 1, no. 1 (2020): 1–15. http://journal.unika.ac.id/index.php/jhpk.
Sindhunata. Kambing Hitam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia, 2007.
Sulisrudatin, Nunuk. "Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi)." Jurnal Ilmu Hukum Dirgantara 5, no. 2 (2015): 57–70.
Tharaba, M. Fahim. "Kajian Pemikiran Integrasi Keilmuan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Melalui Ulul Alba." In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 126–42. Malang: Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.
Umanailo, Chairul Basrun. "Mengurai Kekerasan Simbolik Di Sekolah: Sebuah Pemikiran Pierre Bourdieu Tentang Habitus Dalam Pendidikan." Universitas Iqra Buru, 2018. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24809.80483.