Membangun Integritas Keimanan Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Pluralistis Dan Sekularisme: Studi Strategi Berbasis Alkitab
Main Article Content
Abstract
This article discusses building faith integrity in Christian Religious Education (CHE) in the era of pluralism and secularism. Faith integrity is the harmony between beliefs, words, and deeds, which includes obedience to biblical teachings in every aspect of life. This article identifies challenges in Christian religious education in the era of pluralism and secularism, and develops effective strategies to build faith integrity based on a biblical perspective. The research method used is a qualitative method with a literature study approach. The results showed that PAK plays an important role in the formation of students' spiritual character. With the aim that PAK is able to equip students with moral, spiritual, and ethical values derived from the Bible, and enable them to apply them in their daily lives.
Artikel ini membahas tentang membangun integritas keimanan dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) di era pluralistis dan sekularisme. Integritas keimanan adalah keselarasan antara keyakinan, perkataan, dan perbuatan, yang mencakup ketaatan pada ajaran Alkitab dalam setiap aspek kehidupan. Artikel ini mengidentifikasi tantangan-tantangan dalam pendidikan agama Kristen di era pluralistis dan sekularisme, serta menyusun strategi yang efektif untuk membangun integritas keimanan berdasarkan perspektif Alkitab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAK memegang peranan penting dalam pembentukan karakter spiritual peserta didik. Dengan tujuan supaya PAK mampu membekali peserta didik dengan nilai-nilai moral, spiritual, dan etika yang bersumber dari Alkitab, serta memampukan mereka untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anouw, Yulian. Pendampingan Pelayanan Pastoral. Sulawesi Selatan: CV. Ruang Tentor, 2024.
Arif, Syamsuddin. Orientalis Dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: GEMA INSANI, 2008.
Arkoun, Mohammed. Islam Kontemporer Menuju Dialog Antaragama. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2001.
B, Yosafat. Integritas Pemimpin Pastoral. Yogyakarta: ANDI, 2010.
Baginda Sitompul, Lasria Marenta, Heike, Juliana, Juni. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KONTEKSTUAL?: MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA DI TENGAH MASYARAKAT PLURALISME.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora Vol 3, no. 2 (2024).
Brotosudarmo, Drie S. Pendidikan Agama Kristen Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: ANDI, 2008.
Cloud, Henry. Integritas: Keberanian Memenuhi Tuntutan Kenyataan. Jakarta: Anggota IKAPI, 2007.
Darmaputera, Eka. Dengan Mata Menatap Ke Yesus. Jakarta: Gunung Mulia, 2008.
Dkk, Anastasia Runesi. “Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, no. 2 (2021).
Effendi, Djohan. Merayakan Kebebasan Beragama. Jakarta: ICRP, 2009.
Fuad, Choirul. Sekularisasi Dan Sekularisme Tinjauan Filsafat Mengenai Perubahan Persepsi Tentang Peran Agama Dalam Masyarakat. Jakarta: Universitas Indonesia, 1989.
Groome, Thomas H. Christian Religious: Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Yusak Kurniawan Gulo. “Integritas Kepemimpinan Yosua Dan Implikasinya Bagi Pemimpin Umat Tuhan Masa Kini.” Jurnal Teologi Injili 3, no. 2 (2023): 112.
Gunawan. Fenomena Pendidikan Abad 21: Responsi Dan Antisipasi Isu Memberdayakan Pendidikan Era Global. Yogyakarta: K-Media Anggota IKAPI, 2023.
Hananto, Tri. Antologi Exsequendum Didaktik: Teologi Praktika Dan Pendidikan Agama Kristen. Sulawesi Tengah: Pustaka Star’s Lub, 2021.
Inglehart, Ronald. Sacred and Seculer: Religion and Politics Worlwide. New York: Cambridge University Press, 2004.
Irfan, Herman, Dalef, Jeniati, Juliani. “Pendidikan Agama Kristen Dan Tantangan Sekularisme Di Lingkungan Sekolah.” Journal: General and Specific Research Vol 4, no. 3 (2024).
Jacobs, David C. “A Pragmatist Approach to Integrity in Business Ethics.” Journal of Management Inquiry Vol 13, no. 3 (2004).
Khaldun, Ibnu. Buku Ajar Pendidikan Antikorupsi. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media, 2022.
Knitter, Paul F. Satu Bumi Banyak Agama-Dialog Multi-Agama Dan Tanggung Jawab Global. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Legenhausen, M. Pluralitas Dan Pluralisme Agama. Jakarta: Shadra Press, 2010.
Nugroho, Adi. Pengantar Ilmu Bisnis. Jawa Tengah: Anggota IKAPI, 2019.
Nystrom, Carolyn. Integritas: Menghidupi Kebenaran 10 Bahan Pemahaman Alkitab Untuk Pribadi Dan Kelompok. Jawa Timur: Literatur Perkantas, 2018.
Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara, 2017.
Romika. Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital. Jawa Barat: WIDINA MEDIA UTAMA, 2025.
RS, A. Rantung. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal On Education 6, no. 1 (2023).
Sairin, Weinata. Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual Dan Operasional. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2006.
Schumann, Olaf Herbert. Agama Dalam Dialog: Pencerahan, Pendamaian, Dan Masa Depan. Jakarta: Gunung Mulia, 2003.
Setiawan, Albi Anggito dan Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak: Sukabumi, 2018.
Subekti. Multicultural Awareness, Teknik Cinemeducation, And Biblitherapy. Gowa Sulsell: Aksara Timur, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kualitatif. Bandung: IKAPI, 2013.
Suharto, Babun. Moderasi Beragama. Yogyakarta: LKIS, 2019.
Supriadi, Made Nopen. Integritas: Sebuah Rekonstruksi Pemahaman Secara Filosofis-Teologi. Bengkulu: Permata Rafflesia, 2020.
Tambunan, Elia. Pendidikan Agama Kristen: Handbook Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Tangdilintin, Philip. Pembinaan Generasi Muda. Yogyakarta: Kanisius, 2008.
Tanihardjo, Budisatyo. Integritas Seorang Pemimpin. Yogyakarta: ANDI, 2015.
———. Integritas Seorang Pemimpin Rohani. Yogyakarta: ANDI Offset, 2015.
Tendean, Debby Sandra. MEMANDANG YESUS SANG GURU AGUNG?: Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Sulawesi Tengah: FENIKS MUDA SEJAHTERA, 2024.
Thoha, Anis Malik. Tren Pluralisme Agama. Jakarta: IKAPI, 2005.
Tjendanawangi Saputra, Serdianus. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENJAWAB TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA POSTHUMAN.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika Vol 4, no. 1 (2022).
Tubagus, Steven. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.