INTEGRITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELOMPOK MARGINAL JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Vroly Wowor
Pratiwi Eunike
Weni Lolinga
Andreas Bayu Krisdiantoro

Abstract

Integrity is inherent in Christian religious education teachers and part of pedagogical competence. Christian religious education teachers (CRE) have a multi-functional role apart from having general criteria as well as special theological criteria to direct their students to a Christ-centered life. The integrity of CRE teachers also includes the formation of character in students, including students in marginal groups who are socially vulnerable, due to environmental influences and at ages whose dynamics are more complex. The purpose of this study is to describe the integrity of Christian education teachers in shaping the character of students, specifically marginalized community groups. The research was focused on multi-complex junior high school students. The research method used is descriptive qualitative, bibliographic, with data collection from interviews, field observations, and looking at phenomena related to research and relevant literature. The results of the study show changes in student character when CRE teachers use all their pedagogical competence and integrity in educating these students.


 


Integritas melekat pada guru pendidikan agama Kristen dan bagian dari kompetensi pedagogik. Guru pendidikan agama Kristen (PAK) memiliki peran multi fungsi selain memiliki kriteria umum dan kriteria teologis khusus untuk mengarahkan siswanya pada kehidupan yang berpusat pada Kristus. Integritas guru PAK juga meliputi pembentukan karakter pada siswa, termasuk siswa pada kelompok marjinal yang rentan secara sosial, akibat pengaruh lingkungan dan pada usia yang dinamikanya semakin kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan integritas guru pendidikan Kristen dalam membentuk karakter peserta didik, khususnya kelompok masyarakat marginal. Penelitian difokuskan pada siswa SMP multikompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, kepustakaan, dengan pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi lapangan, dan melihat fenomena yang berkaitan dengan penelitian dan literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan perubahan karakter siswa ketika guru PAK menggunakan seluruh kompetensi dan integritas pedagogiknya dalam mendidik siswa tersebut.

Article Details

How to Cite
Wowor, V. ., Eunike, P., Lolinga, W. ., & Krisdiantoro, A. B. . (2023). INTEGRITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELOMPOK MARGINAL JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(1), 85–102. https://doi.org/10.55076/didache.v4i1.133
Section
Articles

References

Aini, Siti Nurul dan Putu Sudira. "Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbang Kertasusila." Jurnal Pendidikan Vokasi 5, no.1 (2015): 88-102. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6077.

Baan, G.J. Tulip, Lima Pokok Calvinisme. Surabaya; Momentum, 2009.

Bahapol, Edym, and Youke Singal. “Mendidik Untuk Kehidupan Berdasarkan Kompetensi Guru Kristen di Indonesia (Education for Life based on Christian Teacher Competence in Indonesia)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no. 1 (2020): 62-85. Accessed June 13, 2023. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i1.21.

Berkhof, Louis dan Cornelius Van Til, Dasar Pendidikan Kristen. Surabaya; Momentum, 2014.

Burhanuddin, Insan Fahmi Siregar, dan Nursiah Hasibuan. "Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6, no.2 (2022): 307. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50307.

Darmanto dan Nur Basuki. Integritas Guru: Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative Publishing, 2021.

Djauzah, Ahmad. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan disekolah Dasar, Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Dasar, 2015.

G.P., Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam AlKitab cc Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Halawa, Carinamis, Peni Nurdiana Hestiningrum, dan Iswahyudi. "Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah." Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no.2 (2021): 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan., 2017.

Lickona, Thomas. Edvcating For Character. How our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 2019.

Muhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta; GP Press Group, 2013.

Nababan, Andrianus dan Warseto Friddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no.1 (2021): 116-124. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619.

Eunike, Pratiwi. Mendidik Untuk Kehidupan Kristen, Apa dan Bagaimana Peran Guru. Luwuk Banggai; Pustaka Star`s, 2021.

Eunike, Pratiwi dan Putrawan B.K. “Kajian Pedagogis Guru PAK Terhadap Motifasi Belajar Siswa Diera Pandemi Covid 19.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no.1 (2021): 32-44. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.83.

Ryan, Kevin dan Bohlin Karen E., Building Character in Schools; Practical Lucys to Bring Moral Instruction to Life. San Fransisco: Jossey – Bass, 1999.

Sagala, Mangapul. Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh. Jakarta: Solideo Gloria, 2016.

Sidjabat, B.S. Menjadi Guru Yang Profesional, Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung; Kalam Hidup, 2000.

Sukaidi, H.M., Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi, dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Sumanto. Psikologi Perkembangan, Fungsi, dan Teori. Jakarta: CAPS, 2014.

Tanasyah, Yusak, Gideon Sutrisno, dan Bobby K. Putrawan. Metode Penelitian Teologi & Pendidikan Agama Kristen. Tangerang: Moriah Press, 2022.

Tong Stephen, Arsitek Jiwa II, (Surabaya; Momentum, 2012).

Wilujeng, D. Panduan Implementasi Penguatan pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga, 2016.

Winkle, W.S. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia, 2019.