PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

Main Article Content

Ella Tesalonika Mbeo
Andreas Bayu Krisdiantoro

Abstract

Teacher character is an important part that cannot be separated from the lives of students. Therefore, the need for good teacher characteristics is very important to forming good and commendable students. It should be realized that most students currently experience character crisis problems, whereas peseta students are not controlled by the influence of the development of science and technology. Seeing this, this study aims to explain the development of the Christian religious education teacher to the formation of the character of the club to recognize the Christ Jesus in accordance with the teachings of the Bible. The method used in this study is a descriptive qualitative research method. The results of this study show that Christian education teachers have the role of transferring knowledge and character to students, thus having an impact on the growth of students' faith.


 


Karakter guru merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan peserta didik. Oleh karena itu perlunya karakter guru yang baik sangat berperan penting untuk membentuk karakter peserta didik yang baik dan terpuji. Perlu disadari bahwa saat ini sebagian besar peserta didik mengalami masalah krisis karakter, di mana peseta didik tidak terkontrol oleh pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melihat hal ini, penelitian ini bertujuan menjelaskan pembinaan guru Pendidikan Agama Kristen terhadap pembentukan karakter perserta didik untuk mengenal Kristus Yesus secara benar sesuai dengan ajaran Alkitab. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitaif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Kristen memiliki peran mentransfer pengetahuan dan karakter kepada peserta didik, sehingga memiliki dampak pada pertumbuhan iman peserta didik.

Article Details

How to Cite
Mbeo, E. T. ., & Krisdiantoro, A. B. (2021). PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17–29. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.46
Section
Articles

References

Arbiomi. “Pendidikan Karakter.” Jakarta; BPK Gunung Mulia, 2010.

Bahapol, Edym dan Youke Singal. “Mendidik Untuk Kehidupan Berdasarkan Kompetensi Guru Kristen Di Indonesia (Education For Life Based On Christian Teacher Competence In Indonesia)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no.1 (2020): 62-85. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i1.21.

Cahyo, Edo Dwi. “Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar,” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9, no.1 (2017): 16–26.

de Walick, Alexander Eduard Thodorus dan Peni Hestiningrum. "THE RATIONALITY OF FAITH: The Study of Abraham's Faith in Hebrews 11: 17-19." MAHABBAH: Journal of Religion and Education 2, no.1 (2021): 35-52. https://doi.org/10.47135/mahabbah.v2i1.19.

Gultom, Andar. ”Profesionalisme, standart kompetensi, dan pengembangan profesi guru PAK.” Bandung; Bina Media Informasi, 2007.

Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Kalis, Stevanus dan Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani,” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no.1 (2020): 49–66.

Koeseman, Doni. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo, 2007.

Lambert, Vickie A. dan Clinton E. Lambert. "Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design." Pasific Rim International Journal of Nursing Research 16, no.4 (2012): 255-256. https://he02.tci-thaijo.org/index.php/PRIJNR/article/view/5805.

Manullang, Megawati. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penginjilan.” Jurnal Christian Humaniora 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.46965/jch.v3i1.118.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya, 2010.

Nainggolan, John M. Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media, 2008.

Pangumbahas, Recky dan Oey Natanael Winanto. 2021. “Membaca Kembali Pandangan Moralitas Postmodernism Untuk Konteks Pendidikan Kristen (Re-Reading The Worldview Of Postmodernism Morality For The Context Of Christian Education)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 3, no.1 (2021): 73-84. https://doi.org/10.46362/quaerens.v3i1.33.

Serrano, Janse Belandina. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA Bandung: Bina Media Informasi, 2005.

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Slameto. Belajar & faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sirait, Eduard Jannes. “Misi Pendidikan Agama Kristen dan Problem Moralitas Anak.” Regular Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no.1 (2016): 33-62. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/2.

Simorangkir, Nisma. ”Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Melalui Proses Pembelajaran.” Jurnal Saintech 5, no.1 (2013): 39 – 44. http://docplayer.info/docview/52/29717440.

Sugiyono. Metode Penetian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sinaga Anita Niru. “Kode Etik sebagai Pelaksanaan Profesi Hukum yang Baik.” Jurnal Ilmiah Hukum 10, no.2 (2020): 1-34. https://doi.org/10.35968/jh.v10i2.460.

Syarbini, Amirulloh. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prima Pustaka, 2012.