KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER KRISTIANI PESERTA DIDIK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract
Christian Religious Education (CRE) teachers are not only responsible for teaching religious knowledge. More importantly, PAK teachers serve as living role models. Therefore, possessing superior personality competencies that can serve as a role model, demonstrating love, honesty, discipline, and responsibility, is a primary requirement for a Christian Religious Education (CRE) teacher. This study aims to analyze the role of teachers' personality competencies in shaping students' Christian character. The method used in this research is qualitative. Data collection was carried out through literature studies, drawing from various relevant literature sources. The research results indicate that the personality competence of Christian Religious Education (CRE) teachers is very important in shaping the Christian character of students. Teachers with strong personality competencies can create a conducive learning environment and serve as a real role model for students, enabling them to internalize Christian values. In the process of actualizing personality competencies, there are supporting factors such as a conducive school environment, parental support, professional training, and commitment to Christian values, as well as hindering factors such as lack of training, high workload, low motivation, and the influence of the social environment. Therefore, spiritual guidance and cooperation between schools, churches, and the community are needed so that Christian Religious Education teachers can optimally actualize their personality competencies in shaping students' Christian character.
Abstrak
Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) tidak hanya berperan sebagai pengajar pengetahuan agama. Namun lebih dari itu, Guru PAK berperan sebagai suri teladan yang hidup. Untuk itu, memiliki kompetensi kepribadian yang unggul, yang mampu menjadi teladan, memiliki kasih, jujur, disiplin, dan tanggung jawab menjadi syarat utama sebagai seorang Guru PAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi kepribadian guru PAK dalam membentuk karakter kristiani peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dengan menggali dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) sangat penting dalam membentuk karakter Kristiani peserta didik. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang kuat mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta menjadi teladan yang nyata bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat menginternalisasi nilai-nilai Kristiani. Dalam proses aktualisasi kompetensi kepribadian, terdapat faktor pendukung seperti lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan orang tua, pelatihan profesional, dan komitmen terhadap nilai Kristiani, serta faktor penghambat seperti kurangnya pelatihan, tingginya beban kerja, rendahnya motivasi, dan pengaruh lingkungan sosial. Karena itu, diperlukan pembinaan spiritual dan kerja sama antara sekolah, gereja, dan masyarakat agar guru PAK dapat mengaktualisasikan kompetensi kepribadiannya secara optimal dalam membentuk karakter Kristiani peserta didik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Arifai, Ahmad. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (2018): 27–38. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.21.
- Daud Marsahata Simamora. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kebebasan Media Massa Terhadap Pendidikan Agama Kristen.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 2, no. 4 (2024): 245–58. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i4.418.
- Dr. Moh. Roqib, M.Ag. Dr. Nurfuadi, M.Pd.I. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat Di Masa Depan. Yogyakarta: CV. Cinta Buku, 2020.
- Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
- Hartanto, Tri. Antologi Exsequendum Didaktik: Teologi Praktika Dan Pendidikan Agama Kristen Jilid-1. Luwuk: Pustaka Star’s Lub, 2021.
- Hinda Syah, Siti, Ovi Sakti Cahyaningtyas, Dwi Astuti, and Suwarni. “Analisis Kompetensi Kepribadian Guru.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (2024): 96–103. https://doi.org/httphttps://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8281.
- Jatim, Kanwil Kemenag. PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA. . Jakarta, issued 2010.
- Kasingku, Juwinner Dedy, Mareike Seska, and Diana Lotulung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentu.” Jurnal Education 10, no. 1 (2024): 331–39. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7839.
- Lestari, Hesti Setyodyah, and Andia Kusuma Damayanti. Psikologi Kepribadian (Jilid 1). Universitas Muhammadiyah Malang, 2024. https://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1169/1/BUKU PSIKOLOGI KEPRIBADIAN JILID 1.pdf.
- Lumbantoruan, Jenni Trimaya, Harni Rospita Nababan, Henni Jannimar, Sonya Sitompul, and Dorlan Naibaho. “Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Disekolah.” Pediaqu:JurnalPendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11227–86. https://doi.org/https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/240.
- Napitupulu, Melani Hotmaida, and Dorlan Naibaho. “Guru PAK Dalam Membangun Spiritualitas Peserta Didik.” Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12973–81. https://doi.org/https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/731.
- Oktavianti, Nelci, Sutrisno Sutrisno, and Bobby Kurnia Putrawan. “Kolaborasi Sistem Among Dengan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 68–92. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.147.
- Orpa Umbu Lado, and Maria Titik Windarti. “Peran Guru Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Multikultural.” Journal New Light 2, no. 2 (2024): 68–82. https://doi.org/10.62200/newlight.v2i2.129.
- Prihanto, Agus, and Kadek Eunike Dwi Nirmala Putri. “Pentingnya Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” EULOGIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2021): 1–15. https://doi.org/10.62738/ej.v1i1.5.
- Rambe, Yohana Silvia, and Dorlan Naibaho. “Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 02, no. 02 (2023): 201–8. https://doi.org/https://doi.org/10.70294/juperan.v2i02.274.
- Sari, Cindy Fatika, Ibnu Malik Assajad, and Moch. Isa Ansori. “Kompetensi Individu ( Individual Competence ).” Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa 4, no. 1 (2023): 201–14. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.467.
- Sari, Kiki Kurnia, Jaryanto Jaryanto, and Binti Muchsini. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Akuntansi Dan Keuangan Lembaga.” Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan 2, no. 1 (2024): 14. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.467.
- Simanungkalit, Metra Kartini. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kristiani Siswa Di SMK Negeri 1 Beringin.” Sukacita: Jurnal Pendidikan Iman Kristen 2 (2025): 69. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sukacita.v2i2.760.
- Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Membangun Masyarakat Digital Yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Di Era Teknologi Digital 5.0.” Didache: Journal of Christian Education 5, no. 1 (2024): 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.747.
- Wenas, Maria Lidya, Elsi Susanti Br Simamora, Maharin Maharin, Joni Apri Candra, and Rifka Priskila. “Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru.” Skenoo?: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.3.
- Yatinia Waruwu. “Kompetensi Kepribadian Guru PAK Dalam Menerapkan Norma Religius Untuk Membentuk Karakter Siswa SMA Idanogawo.” Sukacita?: Jurnal Pendidikan Iman Kristen 2, no. 2 (2025): 01–12. https://doi.org/10.61132/sukacita.v2i2.746.
- Zola, Nilma, and Mudjiran Mudjiran. “Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru.” Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia) 2, no. 2 (2020): 88–93. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/120202701.










